Administrasi Publik

Program Pengabdian Masyarakat UMS Rappang Lolos Didanai DRTPM Kemendikbud: Kelompok Laskar Pelangi Siap Dimajukan

Rappang - Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang (UMS Rappang) meraih kabar baik ketika salah satu program pengabdian mereka berhasil lolos seleksi dan mendapatkan dana dukungan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program yang berjudul "Digitalisasi Pemasaran Produk Lokal Pertanian dalam Meningkatkan Perekonomian Kelompok Laskar Pelangi Desa Pattondonsalu Kabupaten Enrekang" ini bertujuan untuk mengembangkan penjualan produk lokal secara online.

Kelompok Laskar Pelangi yang berbasis di Desa Pattondonsalu, Kabupaten Enrekang, dikenal karena produk pertaniannya yang berkualitas tinggi. Namun, mereka masih menghadapi kendala dalam memasarkan produk-produk ini secara luas. Melalui program pengabdian ini, Tim Pengabdian UMS Rappang yang di ketuai oleh ibu Hardianti, berkomitmen untuk membantu mereka memahami dan memanfaatkan potensi digital dalam meningkatkan penjualan.

Salah satu kegiatan utama dalam program ini adalah penyelenggaraan workshop khusus yang akan memberikan pelatihan praktis kepada anggota Laskar Pelangi dalam strategi pemasaran online. Workshop ini akan mencakup topik-topik penting seperti pemilihan platform e-commerce, penggunaan media sosial untuk branding dan promosi, serta strategi analisis pasar.

Hardianti selaku ketua dalam pengabdian ini menjelaskan, "Kami sangat bersemangat untuk membantu Laskar Pelangi memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produk-produk pertanian mereka. Workshop ini akan memberikan wawasan yang berguna dan keterampilan yang dapat mereka terapkan secara praktis."

Rektor UMS rappang, Prof. Jamaluddin Ahamad, mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan yang diberikan oleh DRTPM Kemendikbud. "Kami berterima kasih kepada Kemendikbud yang telah melihat potensi besar dalam program ini. Kami yakin program ini akan memberikan manfaat yang nyata bagi Laskar Pelangi dan membantu meningkatkan perekonomian mereka."

Program pengabdian ini menandai komitmen UMS Rappang untuk berperan aktif dalam memberikan dampak positif pada masyarakat di sekitarnya. Mereka yakin bahwa dengan digitalisasi pemasaran produk pertanian lokal, Laskar Pelangi akan dapat mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka.

Share: